Pariwisata

Dunia yang terimbas arus globalisasi seperti saat ini telah memunculkan banyak kesempatan baru. Pariwisata menjadi salah satu anak emasnya. Wisatawan domestik maupun mancanegara sama-sama ingin mengeksplor tempat-tempat baru sebanyak mungkin.

Wisata Terpendam di Desa Watu Tiri

  • Gua Pong Rojo Desa Watu Tiri

Dalam tradisi agama Katolik keberadaan gua Maria punya sejarah panjang. Bunda Maria beberapa kali menampakkan diri pada orang-orang terpilih. Salah satu penampakan yang paling terkenal adalah penampakan Bunda Maria kepada Bernadette Soubirous di sebuah gua yang ada di kota LourdesPrancis pada tahun 1858. Tempat itu kemudian menjadi tempat ziarah gua Maria paling populer. Tempat ziarah ini pulalah yang kemudian menjadi inspirasi untuk membuat tempat ziarah serupa pada komunitas Katolik setempat. Dari situ muncullah tempat ziarah gua Maria di banyak tempat di dunia. Beberapa tempat ziarah lain yang terkenal di dunia karena merupakan tempat penampakan Maria.

Gua Maria di Indonesia umumnya berupa tempat ziarah dengan makna historis bagi perkembangan Gereja Katolik di Indonesia ataupun Gereja Katolik setempat. Gua Maria Pong Rojo misalnya, adalah tempat atau Pemukiman pertama suku asli watu tiri.

Disebut Gua Maria karena ditempatkannya patung Bunda Maria, ibunda Yesus, di gua tersebut. Tempat itu kemudian menjadi tempat ziarah umat Katolik untuk mendekatkan diri pada Allah Bapa dengan berdoa melalui perantaraan Bunda Maria dan Yesus Kristus.

Gua Pong Rojo,
Tak kalah saing dengan perkembangan tersebut, maka Desa Watu Titi pun mulai membongkat kekayaan alamnya, salah satunya adalah obyek wisata yang terpendam dengan segala estetisnya. mulai dari wisata alam yang penuh dengan unsur mistik sampe pada wisata Rohani.
  • Situs Watu Tiri

Dunia yang terimbas arus globalisasi seperti saat ini telah memunculkan banyak kesempatan baru. Pariwisata menjadi salah satu anak emasnya. Wisatawan domestik maupun mancanegara sama-sama ingin mengeksplor tempat-tempat baru sebanyak mungkin.

Situs Watu Tiri
Sejarah Panjang asalmmuasal keturunan suku Pumpung yang ada di Desa Watu Tiri adalah berasal dari minang kabau dengan menggunakan kapal motor. dalam sejarah panjang kapal tersebut beruba rupa mejadi karang. dan tempat tersebut menjadi pusat kebudayaan masyarakat desa watu tiri.

Unsur Mistik karena terdapat Situs yang menjadi tinggak sejarah bagi masyarakat suku pumpung di Desa Watu Tiri.

  • Pasir Putih dan Ombak Ganas di Pantai Sepanjang Desa Watu Tiri
Pantai yang Panjang
Seperti namanya, Pantai Sepanjang memiliki garis pantai sangat panjang. Penduduk setempat memerkirakan panjang garis Pantai Sepanjang sekitar 1,5–2 kilometer. Cukup panjang untuk ukuran pantai di NTT dengan bukit pasir yang berwarna putih. Dipadu dengan panjangnya garis pantai, ini merupakan kelebihan tersendiri bagi Pantai Sepanjang Watu Tiri. Wisatawan dapat melemparkan pandangan sejauh jangkauan mata dan hanya akan melihat hamparan pasir putih di kanan-kirinya. Pesona seperti ini hanya dapat dinikmati di Sepanjang Pantai Watu Tiri.
Bila laut surut, pantai menjadi tambah lebar dengan hamparan pasir yang jauh lebih indah. Siapapun pasti tergoda untuk bermain-main di atas halusnya pasir yang indah itu. Lari-lari, berkejaran, berjalan menyusuri sepanjang pantai, atau sekadar duduk di atas pasir melihat ombak bergulung sambil menikmati hembusan angin laut sama enaknya.
Kalau sudah puas dengan pasir pantai, di sebelah Timur terdapat bukit pasir yang menjulang sampe 4-5m . Di antara pasir panjang tersebut terdapat satu tempat eksotik untuk mengambil foto ataupun menikmati cipratan air laut kala ombak menghantam Perahu karang yang menjadi tempat pusat kebudayaan masyarakat desa watu tiri. Atau bisa juga naik ke atas batu karang tersebut yang terletak agak jauh di laut kemudian memandang gulungan ombak yang susul-menyusul.